Melihat Design Pasar Adiwinangun Ngadirejo Temanggung

18.35 USANG 0 Comments


pasar ngadirejo temanggung

Pasar Ngadirejo adalah pusat perdagangan di kecamatan Ngadirejo namung juga banyak di kunjungi oleh penduduk kecamatan lain seperti jumo, gemawang, candiroto, dan bejen. Bisa di bilang tempat ini adalah tempat perputaran uang tercepat terbesar di daerah ini karena ada ribuan pedagang yang menjajakan barang daganganya di pasar ini. . .

Namun saya tidak akan membahas perdagangan ataupun barang dagangan di pasar ini saya akan membahas design dan tata bangunan di pasar ini. Oke langsung saja kita bahas mulai dari letak bangunan.

Bangunan pasar ini terletak di JL.weleri tepatnya di desa Manggong kecamatan Ngadirejo. Bangunan dengan luas lebih dari 900m ini sebenarnya indah dengan penataan lanskape yang sangat rapih sementara bangunan pasar terletak di tenggah site dan di kelilingi jalan dan tapan namun kini jalan dan tamanya sudah di ganti dengan kios-kios kecil oleh orang-orang yang mempunyai kepentingan. Hehe . .

Oke kita masuk ke bangunan yang terdiri dari lantai satu semi besment di isi pedagang-pedagang pakaian-pakaian, sandal, pecah belah, anyaman-anyaman, dan jajanan anak-anak maupun dewasanya. Untuk bagian belakang yang memang tadinya di rencanakan untuk taman sekarang di alih fungsikan menjadi tempat jualan burung dan ayam yang memang sangat rame di saat pasaran wage. 

Sebenarnya di lantai satu bagian depan ini ada void dengan tangga melingkar indah namun sudah beralih fungsi menjadi tempat jualan pakaian.

pasar

pasar

Untuk lantai dua berisi pedagang sayura dll lantai dua ini bisa di akses tampa harus menaiki tangga bisa di bilang lantai dua ini seperti lantai satu karena bisa sangat mudah di akses oleh para pengunjung ataupun truk yang ingin memasukan barang jadi pak kuli angkut tidak perlu naik tangga untuk mengantarkan barang dagangan pedagang karna memang lantai dua di isi oleh pedagang-pedagang yang jualan sayur-sayur, buah-buahan, daging dan juga bumbu-bumbu masakan.

pasar wage

Di fasatnya bangunan ini tidak membuat ornamen-ornamen atau permainan bentuk design seperti pasar modern yang sudah ada di kota-kota besar karna memang sepertinya konsep design pasar ini lebih menekankan sirkulasi, fasadnya hanya mengiakuti fungsi design dengan material full beton dan atap asbes (dengan kuda-kuda baja) memang sebernarnya asbes juga kurang baik untuk kesehatan partikel asbes kan salah satu pemicu kanker, namun karena keterbatasan ilmu dan informasi pengunaan material ini tetap jadi pilihan sang kontraktor karena memang sifatnya yang awet dan harganya yang juga murah.

Oke sekian dulu kita membahas tentang design pasar Ngadirejo . .

Terimakasih sudah membaca. .

0 komentar: