Masjid Sabilul Muttaqin Ngadirejo

01.00 USANG 1 Comments


masjid sabillul muttaqin

Masjid sabilul muttaqin terletak di desa sirowo, manggong, ngadirejo, temanggung tepatnya di belakang pasar adiwinangun ngadirejo bangunan yang di design oleh Bapak iin (sebagai arsitek) ini bergaya timur tengah mnamun sudah banyak modifikasi di sana sini dengan beberapa aksen garis lurus, kubah dan dua menara di belakang, masjid ini terasa kontras dengan bangunan sekitar karena sifatnya yang megah dan terlihat mewah sendiri di bandingkan bangunan sekitarnya.

Bangunan ini memulai pembangunan pada tenggah 2007 namun sampai sekarang memang masih dalam tahap pembangunan di karenakan pembangunan masjid sabilul muttaqin ini besal dari uang infak para jama`ah dan beberapa dermawan yang menginfakan sebagian titipan harta mereka ke masjid ini. ( Zzz. . . . kata sang takmir kalau temen-temen mau infak untuk pembangunan langsung datang atau hubungi saya aja nanti saya sampaikan ke takmir). Namun ada sudah bisa berkunjung kesini.

Bila anda berkunjung kesini anda bisa berwisata Relligi atau hanya untuk sholat berjamaah di waktu-waktu tertentu saja maksudnya waktu sholat. Saat anda sudah pulang dari masjid ini anda juga bisa mampir ke pasar adiwinangun untuk belanja keperluan dapur, pakaian atau hanya untuk jalan-jalan melihat-melihat pedagang dan pembeli sedang berniaga. Ttd Di pasar banyak jajanan lho

Oke kita bahas dari designya saja. Seperti masjid pada umumnya masjid ini mempunyai ruang utama seperti pengimaman dengan ruang jama`ah utama juga di lengkapi dengan teras di samping kanan dan kiri juga serambi di bagian depan masjid. Seperti halnya fungsi bangunan peribadatan bangunan ini juga mengfungsikan ruang pengimaman dan ruang jama`ah utama untuk shalat 5 waktu. Di bagian serambi yang juga sering di gunakan untuk shalat berjamah jumat dan shalat yang lain seperti idhul fitri dan idhul adha di kala ruang utama penuh, namun untuk hari-hari besar seperti maulud nabi atau hari besar keagamaan lain serambi ini juga sering di gunakan untuk tempat berkumpul warga yang ingin merayakanya dengan berkumpul bercengkrama dan makan bersama.

masjid sabillul mutaqin

Untuk lantai 2 bangunan ini di fungsikan sebagai ruang sholat di saat jamaah sedang membeludak. Oh Iya saya hampir lupa bangunan ini juga mempunyai lantai basement yang di fungsikan sebagai tempat wudlu dan wc.



Untuk bagian fasad bangunan masjid ini terlihat megah dengan hiasan pernak penik dinding seperti batu alam dan hiasan plester yang berbentuk lengkung atau datar berwarna hijau yang juga nampak ialah kubah besar yang megah di hiasi dengan kubah-kubah kecil yang indah dengan perpaduan design tabung dengan hiasan dari plester berwarna.


Di bagian dalam atau interior bangunan ini nampak megah dengan hiasan-hiasan dinding kayu solid, gebyok tinggi, kereta khotip dan juga jam duduk yang di tata sedemikian rupa menjadikan dia apik di atas lantai kayu yang terasa hangat dan juga membuat anda betah berdoa disini. Dan juga jika anda menlihat ke atas dari lantai satu akan telihat bagian langit-langit yang indah di lapisi gibsum dan juga bagian dalam dari kubah besar.



Di bagian luar daerah serambi yang tadi saya bilang sebagai tempat berkumpul warga ini juga indah di hiasi dua tangga yang sejajar dan di bagian lagi-langit juga di hiasi dengan gibsum dan bagian dalam kubak kecil namun di serambi terlihat lebih indah karena tidak ada tiang di antara kubahnya.



Sekian pembahasan design Masjid sabilul muttaqin dari saya, Terimakasih sudah membaca. .

1 komentar:

Alrizar mengatakan...

Bagus mas artikelnya. Bisa dikasih map tempat nya gak?