Renovasi rumah bapak gores sudiono

09.59 USANG 0 Comments

http://arsitekturkekinian.blogspot.co.id/

Portofolio saya kali ini ialah renovasi rumah Bapak Gores sudiono yang berada di RT01/RW02, Manggong, Ngadirejo, Temanggung. Dengan luas 8x16 namun terpotong 1,5 di bagian kiri belakang rumah sebagai batas wilayah tetangga, rumahnya di lingkungan pedesaan dengan lebar jalan depan 4m dan sisa tanah di samping kanan masing - masing 1m maklumlah orang dulu belum tau tentang pemanfaatan tanah jadi mereka menyisakan 1m di bagian samping kanan dan kiri alih - alih menjadi selasar atau jalur siskulasi ke bagian dapur ternyata tidak terpakai malah jadi jalan tikus.

Berangkat dari keluhan sang pemilik bahwa rumahnya itu sering kebanjiran karena rumah ini memiliki dua atap berjejer. atap satu untuk bangunan bagian depan atap kedua di belakang namum memang letaknya yang berdempetan maka menjadikan pertemuan atap atau talang tersebut yang mengakibatkan aliran air dari kedua atap tersebut membeludak saat hujan tiba dan juga talang yang tak cukup besar tersebut tidak mampu menampung aliran air dan ahirnya tumpah ke sisi kanan dan sisi kiri dan bocorlah akhirnya .

Dan juga sang pemilik ingin menaikan bangunan tersebut menjadi dua lantai karna di rencanakan untuk tempat tinggal bliau istri dan 3 orang anaknya, sekaligus tempat untuk mengolah barang dagangannya di samping itu mamang rumah bapak gores belum mempunyai garage dan memang kekurangan sirkulasi udara di bagian tenggahnya memang hasus dilakukan renovasi.

Kondisi existing rumah Bapak Gores memiliki ruang tamu kecil, ruang tamu besar, rung kelurga, 3 kamar, 1 dapur + ruang makan, ruang simpan daging, ruang santai. Dengan kondisi tersebut memang rumah Bapak Gores menjadi sesak dengan luas tanah yang minim namun memiliki banyak ruang menjadikan peruangan rumah ini menjadi minim maka akan di lakuka lah renovasi.

http://arsitekturkekinian.blogspot.com/

Namun renovasi kali ini akan di lakukan bertahab sebab rumah masih akan di gunakan menjadi tempat tinggal dalam masa pembangunan, untuk renovasi awal akan di lakukan di bagian belakang di karenakan bagian inilah yang mengalami permasalahan (Bocor).

http://arsitekturkekinian.blogspot.com/

Untuk design lantai 1 saya merubah beberapa ruang seperti ruang tamu besar saya fungsikan sebagai garage karna memang letaknya di depan, ruangan yang saya alih fungsikan lagi ialah ruang santai saya memindah dapur di ruang santai karna memang letaknya berdekatan dengan ruang keluarga, ada beberapa tambahan ruang di lantai 1 yaitu kamar tidur utama + km/wc dan ruang olah dagangan.

http://arsitekturkekinian.blogspot.com/

Di lantai saya menempatkan beberapa ruang saja yaitu 2 kamar tidur anak, ruang baca atau ruang belajar nantinya ruangan ini selain bisa di buat belajar juga bisa di buat ruang santai untuk bercengkrama anak - anak bapak Gores, KM/WC dan yang terahir tempat jemuran di tempat jemuran saya juga membuat tempat setlika agar memudahkan untuk mengurusi pakaian.

http://arsitekturkekinian.blogspot.com/

Untuk fasadnya sendiri saya hiasi dengan pernak pernik minimalist dengan atap limasan, saya tidak merubah bentukan kusen pintu atau jendela karena untuk menghemat angaran, saya juga menambahkan pintu garage agar bisa lebih leluasa.


http://arsitekturkekinian.blogspot.co.id/

Arsitek                          : lukman nurchakim. ST
Pemilik                         : Gores sudiono
Pekerjaan                      : Renovasi Rumah tinggal 2 Lantai
Lokasi                           : RT01/RW02, Manggong, Ngadirejo, Temanggung YogyakartaTanggal / 
Tahun                            : 10 - 11 - 2014



Terimakasih sudah membaca

0 komentar: