PERANCANGAN ARSITEKTUR

00.51 USANG 0 Comments

http://arsitekturkekinian.blogspot.co.id


         Arsitektur adalah ilmu seni ukur atau seni perancangan dewasa ini kalau kita berbicara dalam dunia arsitektur atau dunia perancangan tentunaya yang terpikir adalah tentang perumahan-perumahan minimalis atau gedung-gedung tinggi berbentuk kotak masif yang kurang menarik dalam dunia arsitektur atau dunia perancangan yang sebenarnya ada beberapa faktor yang mempengaruhi perancangan atau lebih mudahnya bentukan design bangunan seperti:


1. SITE 

site disini bisa kita sebut dengan lahan atau tapak yang akan di bangun, contohnya kalau kita mendapatkan site yang berkontur maka kondisi design kita akan akan mengikuti kontur tersebut bukan dengan egois yang meratakan lahan agar mempermudah pengerjaan pelaksanaanya .

2. ANALISA

anaslia site adalah bagaimana kita memahami kondisi site dengan berbagai kondisi atau masalah dalam site yang kita harus menemukan solusi design duntuk menyesuaikan design dengan kondisi sekitar dan memberikan kenyamanan contohnya jika depan site berada dalam kondisi yang cukup padat oleh kendaraan bermotor seperti mobil tentunya kita mendisain lokasi bangunan lebih menjorok kedalam agar bisa meredam bising kendaraan tersebut.

3. Konsep ada banyak konsep design dalam dunia arsitektur seperti:

a. Arsitektur Vernakular (Tradisional Design )

b. Arsitektur Moderen ( Moderen Design )

c. Arsitektur Filosofi ( Filosofis Design )

d. Arsitektur Green ( Green Design )

e. Arsitektur Transformasi ( Transformasi Design )

f. Arsitektur monumental ( Klasik Design )

g. Preseden ( Preseden Design )

h. Art Galeri

i. DLL

4. Iklim ( iklim disini berarti menyesuaikan cuaca di negara atau kota letak site tersebut contohnya indonesia mempunyai iklim tropis jadi kondisi design kita akan memerlukam bukaan-bukaan yang cukup banyak agar bisa memgurangi terik matahari dan mengurangi kelembapan di dalam bangunan tersebut ).

5. Kebutuhan ruang ( Kebutuhan ruang berarti memenuhi kebutuhan ruang atau menyesuaikan banyaknya ruang dengan penghuni bangunan yang akan kita design contohnya dalam design bangunan rumah sederhana dengan satu keluarga yang memiliki 3 anak berarti kita harus menyediaka 4 sampai 5 ruangan untuk kamar tidur tentunya dengan ruangan wajib di runah sederhana seperti dapur, ruang keluarga ruang tamu ruang makan dan wc ).

6. Maka akan terbentuklah design yang memungkinkan memberikan kenyamanan bagi penguna bangunan dan bisa meminimalisar terjadinya crodit dai dalam atau di luar site bangunan rancangan kita.

            Pada dasarnya perancangan Arsitektur atau design Arsitektur kalau ingin di sebut design yang berhasil harus bisa memehuhi beberapa kriteria diatas dan harus bisa mempengaruhi penguni bangunan tersebut contohnya di perpustakaan kita harus sebisa mungkin membuat design yang mengkonsisikan penguna perpuustakaan agar bisa tenang dengan menyediakan tempat yang nyaman namun sulit untuk mengobrol bagi pembaca buku.
Ada beberapa beberapa arsitek yang terkenal karna mememang memegang teguh pendirianya, mengunakan konsep baru , dan kuat dalam krakteristik design seperti:

a. Tadao Ando 

c. Le Corbusuier untuk

d. DLL

            Beberapa arsitek diatas mempu mengenalkan diri mereka dengan design mereka yang menarik dan mempunyai krakteristik design yang selalu mereka pertahankan di dalam design kereka seperti tadao ando pria jepang ini memperkenalkan designya yang selalu menggabraksi alam dan menerapkannya pada karya arsitekturnya tadao ando juga sering mengambil alam menjadi bagian yang tak terpisahkan dari karya-karyanya seperti pada karya rancanganya "VITRA CONFERENCE CENTER 1993,WEIL AM RHEIN" Di GERMANI, Ando secara menarik mengambil alam menjadi bagian yang tak terpisahkan dari bangunannya.

            Adapun beberapa karya dari arsitek-arsitek di atas yang mengusung konsep modern seperti Ludwig Mies van der Rohe yang sering disebut sebagai pelopor Arsitektur modern dan juga Arsitek palingintelektual di kalangan Arsitektur modern. memang dalam dunia arsitektur kita tidak memeilki dewa Arsitek namun Ada beberapa Arsitektur yang mempengaruhi design Arsitektur lainya seperti arsitektur di atas mereka dapat mempengaruhi arsitek-arsitek setelahnya untuk mengikuti mereka dengan berbagai alasan seperti design yang menarik atau design yang kuat karaterisriknya.

            Dalam membuat karya seorang arsitek muda sering mengambil atau mencomot sebagian karya arsitek lain dan menempelkanya ke dalam designya agar bisa menarik dan bisa memberikan kesan istimewa ke dalam designya memang agak terkesan risih atau mengelikan namun dalam pembelajaran perancangan hal seperti itu mungkin sah-sah saja untuk memproses karakter arsitek agar mencapai design karakter mereka sendiri.

                 Ada juga hal-hal yang menentukan design kita akan di banguna atau tidak yaitu dari sistem bangunan yang terdiri dari berbagai aspek yang perlu di masukan dalam perancangan seperti:

a. Sistem struktur  bangunan tinggi

b. Sistem struktur bangunanbentang lebar

c. DLL

            Nah untuk teman-teman pemula atau mahasiswa arsitektur cobalah untuk membuat atau mendesign bangunan dengan mengunakan karakter kalian sendiri walaupun harus memcomot karya orang tapi cobalah untuk merubah bentuknya agar kalian bisa mengetahui karakter desain kalian sendiri.

Terimakasih dari kami ... salam hangat arsitektur kekinian...

0 komentar: